Keajaiban Al-Quran: Tiga Kegelapan dalam Perut Ibu

Di dalam dunia medis, banyak fakta yang ditemukan belakangan, ternyata selaras dan sudah disebutkan di dalam Al-Quran sejak 1400an tahun yang lalu. 

Di dalam Surah Az-Zumar ayat 6 Allah menyebutkan tentang janin yang bertumbuh di dalam kandungan. 

خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ ثُمَّ جَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَأَنْزَلَ لَكُمْ مِنَ الْأَنْعَامِ ثَمَانِيَةَ أَزْوَاجٍ ۚ يَخْلُقُكُمْ فِي بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ خَلْقًا مِنْ بَعْدِ خَلْقٍ فِي ظُلُمَاتٍ ثَلَاثٍ ۚ ذَٰلِكُمُ اللَّهُ رَبُّكُمْ لَهُ الْمُلْكُ ۖ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ فَأَنَّىٰ تُصْرَفُونَ

"Dia menciptakan kamu dari seorang diri kemudian Dia jadikan daripadanya istrinya dan Dia menurunkan untuk kamu delapan ekor yang berpasangan dari binatang ternak. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan Yang mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan selain Dia; maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?"

Jelas disebutkan di ayat tersebut bahwa janin yang ada dalam kandungan berada dalam 3 kegelapan.

Dahulu makna tiga kegelapan sudah coba diurai dan dijelaskan oleh ahli tafsir maupun ilmuwan. Menurut mereka kegelapan tersebut adalah kegelapan perut, kegelapan rahim, dan kegelapan tali ari-ari (plasenta). Pada zaman modern ini makna 3 kegelapan tersebut bisa lebih dikonfirmasi, yaitu setelah berkembangnya dunia kedokteran dan ditemukannya alat-alat medis yang canggih.

Salah satu penjelasan yang masyhur adalah berasal Dr. Keith Moore. Beliau lahir 5 Oktober 1925 di Brantford, Ontario, Kanada. Beliau adalah seorang ilmuwan Anatomi dan Embriologi yang pernah menjabat Presiden American Association of Clinical Anatomy (AACA) dari 1989 - 1991. Buku Beliau yang terkenal di kalangan dunia kedokteran adalah Clinically Oriented Anatomy, The Developing Human, dan Before We Are Born.   Salah satu buku Beliau yang terkait dengan Quran yaitu Qur'an and Modern Science: Correlation Studies, tersedia di Toko Buku Online Amazone

Menurut Dr. Keith Moore, 3 kegelapan pada Ayat 6 Surah Az-Zumar adalah (1) Dinding depan perut; (2) Dinding rahim; dan (3) Selaput janin. Pernyataan ini ditemukan di artikel Beliau yang berjudul "A Scientist's Interpretation of References to Embryology in the Qur'an", yang terbit di Journal of the Islamic Medical Association of North America, Volume 18 Nomor 1, Tahun 1986. Artikel tersebut bisa diakses di sini: https://jima.imana.org/article/view/8693 

Berikut gambar dan kutipan dari artikel Beliau di jurnal tersebut. 


Tulisan Dr. Keith Moore diatas hendaknya dapat lebih meyakinkan kita bahwa tak ada keraguan bahwa Al-Quran itu wahyu dari Allah, bukan karangan manusia.

Tetapi sayangnya, walaupun Beliau tahu kebenaran Al-Quran, tetapi ternyata hidayah untuk memeluk Islam belum menghampiri Beliau. Bisa dilihat pada pernyataan beliau di video berikut: 


Penulis: dr.iChal (Instagram: dr_ichal)

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

14 komentar:

Unknown mengatakan...

Maaf saya tdk faham.

Unknown mengatakan...

di dlm tafsir ibnu kastir alloh ber firman:
قوله جل وعلا"في ظلمات ثلاث"يعني" في ظلمة الرحم وظلمة المشيمة التي هي كالغشاوة والوقاية علي الولد وظلمة البطن، /ظلمة البطن ،ظلمة الرحم،ظلمة المشيمة.

It's me mengatakan...

Masya Allah... Saya juga masih pakai app ini ko ka

Unknown mengatakan...

استغفرالله العظيم

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah app ini berguna n bermanfaat buat saya. Makasih

Jamaluddin Latif mengatakan...

Syukron

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah app nyabagus
Dan bermanfaat

Unknown mengatakan...

Ok

Unknown mengatakan...

MashaaALLAH. Luarbiasa

Unknown mengatakan...

Like👍

Galeri Santri mengatakan...

Yang punya apkikasi siapa?

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah
Masya Allah
Aplikasinya sangat membantu terutama tgl ...
Byk hadits dll yg bagus

Terus berkarya...

🙏😁😍

Unknown mengatakan...

Mudahan dapat hidayah dari ALLAH سبحانه وتعالى

Unknown mengatakan...

Bismillah Sangat bermanfaat tuk kita semua